Smart Life:

Life is beautiful, isn’t it? Do you feel good today?

Tetapi apabila Anda merasa berbeban hari ini dan hidup terasa begitu sesak, maka marilah kita berpikir. Siapakah yang akan membuat hidup kita indah dan tiada beban hari ini? Adalah salah bila yang Anda harapkan adalah orang lain yang akan membuat hidup Anda indah. Adalah kita sendiri yang membuat hidup ini indah. So Be happy, Be Smart, and Don’t worry!

Hidup kita hanya sekali. Sekali saja. Ingat hidup kita hanya sekali. Lantas mengapa tidak kita nikmati hidup kita ini. Be Smart! Apabila sekarang kita masih sering sakit hati apabila dicemooh orang, oh betapa kasihan diri kita. Apabila kita sekarang masih menggantungkan kebahagiaan pada uang, lantas bila tidak ada uang di doku kita menderita. Betapa kasihan diri kita. Apabila kita mencintai seseorang dan cinta kita tiada dibalas lantas kita menderita, oh kasihan sekali kita.

Be Smart! Hidup kita hanya sekali. Tidak jarang kita menggantungkan kebahagiaan kita pada tiga hal duniawi. Pertama, kita menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Kedua, kita menggantungkan kebahagiaan pada situasi/suasana. Ketiga, kita menggantungkan kebahagiaan pada barang. Apabila ketiga hal itu adanya tidak sesuai dengan yang kita inginkan atau kita persepsikan maka kita akan menderita. Bila teman kita tidak menelpon kita, kita menjadi gelisah apabila sudah dilupakan. Bila kita tidak diterima dengan ramah di suatu acara, kita merasa bumi sudah mau kiamat. Bila kita sudah susah payah berangkat pagi pulang subuh untuk mencari uang, dan uang tiada kunjung membuat kita kaya, maka kita syok dan menderita.

Be Smart! Hidup kita hanya sekali. Akankah kita terus menggantungkan kebahagiaan kita pada sesuatu yang ada di luar sana. Bukankah dunia ini baik-baik saja. Bukankah kita yang sering kali menginginkan dunia ini bergerak seperti kita mau. Be Smart! It’s impossible. Dunia akan berjalan sesuai dengan hukumnya. Lantas, apa yang dapat kita lakukan?

Be Smart! Kebahagiaan adalah sebuah keputusan. Kita dapat terus bahagia dalam suasana apapun. Kita manusia yang diberi kehendak bebas. Bila tiada uang, apakah kita menderita? Tidak bagi Anda yang berkeputusan tetap bahagia, maka Anda akan tetap bahagia kendati tidak punya uang. Ketika semua orang meninggalkan Anda, apakah Anda menderita? Tidak bila Anda tetap memutuskan untuk bahagia kendati ditinggalkan. Kita tetap bisa bahagia karena bahagia atau menderita adalah keputusan kita. Kita tidak akan pernah menderita atau sakit hati bila kita tidak mengijinkan diri kita untuk menderita atau sakit hati.

Be Smart! Marilah kita tinggalkan belenggu itu. Belenggu yang membuat kita kesulitan menemukan kebahagiaan. Belenggu itu adalah kelekatan kita pada tiga hal tersebut di atas. Mari kita bebaskan diri kita dan dengan mudah kita bisa mengambil keputusan untuk bahagia. Terserah orang mau berbuat apa, terserah ada barang seperti apa, terserah suasanah seperti apa, tapi kita tetap bisa mengambil keputusan untuk bahagia.

Be Smart! dan Buku apakah yang sudah Anda baca hari ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: